BATASAN DAN DEFINISI OPERASIONAL INDIKATOR PELAKSANAAN UKS

Standard

1. Sekolah terbentuk Tim Pelaksana UKS, adalah :

Apabila di sekolah sudah ada Tim Pelaksana UKS yang ditetapkan dengan SK Kepala             Sekolah, dengan struktur berdasarkan lampiran 1 Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta no 68/2003, dan ada program kerja yang melaksanakan Trias UKS.

2. Sekolah Melaksanakan UKS ( Paket Standar ), adalah :

Apabila dalam UKS telah ada kegiatan: membentuk Tim Pelaksana UKS dan ada kegiatan Penyuluhan Kesehatan Imunisasi ( di SD/MI), Kebersihan Pribadi, Kebersihan Lingkungan, Program Dokter Kecil / KKR, P3K/P3P, Screening Kesehatan Kelas I, Pemeriksaan Kesehatan Berkala ( TB/BB & Visus), UKGS tahap II, dan Pembinaan Warung Sekolah Sehat.

3. Sekolah ada Dana sehat UKS, adalah :

Apabila di sekolah secara rutin telah ada kegiatan  penggalangan dana atau sarana untuk kegiatan UKS,yang bersumber swadaya dari warga sekolah atas mufakat Komite Sekolah, dari TP UKS atau dari sumber lain yang syah.

4. Sekolah ada Warung Sekolah Sehat, adalah :

Apabila di sekolah telah ada warung sekolah yang memiliki ruang dan perlengkapan, sarana pencucian dengan air mengalir, tidak menggunakan bahan berbahaya serta ada pembinaan / pengawasan dari Tim Pelaksana UKS dalam aspek variasi gizi dan kesehatan dari makanan / minuman yang dijajakan.

5. Sekolah ada Ruang dan Perlengkapan UKS adalah :

Apabila di sekolah telah ada ruang khusus atau sudut UKS serta sarana administrasi dan pelayanan UKS yang dimanfaatkan dengan baik sesuai fungsinya.

6. Sekolah ada Program Dokter Kecil / Kader Kesehatan Remaja ( KKR ) adalah :

Apabila di sekolah sudah ada pelatihan kesehatan / UKS bagi peserta didik sesuai persyaratan dan modul pelatihan, yang berjumlah 10% dari jumlah peserta didik di sekolah, yang selanjutnya berperan sebagai Kader Kesehatan Sekolah / UKS.

7. Sekolah ada Program PMR adalah :

Apabila di sekolah sudah terlaksanan pelatihan Kepalangmerahan sesuai modul pelatihan dari PMI, serta aktivitas PMR sesuai fungsinya.

8. Sekolah ada Program Saka Bakti Husada ( SBH ) adalah :

Aoabila di sekolah telah ada anggota Pramuka yang berminat di bidang kesehatan, dan telah memperoleh pelatihan sesuai model 6 krida SBH.

9. Sekolah dengan kegiatan Penyuluhan Kesehatan adalah :

Apabila di sekolah sudah ada kegiatan pendidikan kesehatan dan penyuluhan secara berkala dalam menunjang upaya kesehatan / UKS.

10. Sekolah ada Guru UKS terlatih, adalah :

Apabila dalam kegiatan UKS di sekolah telah dibina dan digerakkan oleh Guru yang telah pernah mengikuti pelatihan UKS.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s