Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur merupakan Unit Kerja Dinas Kesehatan pada Kota Administrasi Jakarta Timur dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan kesehatan masyarakat.

Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur terdiri dari :

  1. Kepala Suku Dinas
  2. Subbag tata Usaha
  3. Seksi Kesehatan Masyarakat
  4. Seksi Pelayanan Kesehatan
  5. Seksi Sumber Daya Kesehatan
  6. Seksi Pengendalian Masalah Kesehatan
  7. Subkelompok Jabatan Fungsional

Kepala Suku Dinas mempunyai tugas :

  1. memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi suku Dinas
  2. mengoordinasikan pelaksanaan tugas Subbagian, Seksi dan Subkelompok Jabatan Fungsional
  3. melaksanakan kerjasama dan koordinasi dengan SKPD, UKPD dan/atau instansi pemerintah/swasta terkait, dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi Suku Dinas
  4. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi Suku Dinas.

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas :

  1. menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA ) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. mengoordinasikan penyusunan RKA dan DPA Suku Dinas;
  4. melaksanakan monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan DPA Suku Dinas;
  5. pengelolaan kepegawaian, keuangan dan barang Suku Dinas;
  6. pelaksanaan kegiatan surat menyurat dan kearsipan Suku Dinas;
  7. penyediaan, penatausahaan, penggunaan, pemeliharaan dan perawatan prasarana dan sarana kerja Suku Dinas;
  8. memelihara kebersihan, keindahan, keamanan dan ketertiban kantor;
  9. melaksanakan pengelolaan ruang rapat / pertemuan Suku Dinas;
  10. melaksanakan publikasi kegiatan, upacara dan pengaturan acara Suku Dinas;
  11. menerima, mencatat, membukukan, menyetorkan dan melaporkan penerimaan retribusi Suku Dinas Kesehatan;
  12. menyiapkan bahan laporan Suku Dinas yang terkait dengan tugas Subbagian Tata Usaha;
  13. mengoordinasikan penyusunan laporan kegiatan, keuangan, kinerja dan akuntabilitas Suku Dinas;
  14. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Subbagian tata Usaha.

Seksi Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas :

  1. menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA ) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. melaksanakan pengendalian mutu kegiatan pelayanan kesehalan keluarga termasuk kesehtlan ibu, bayi, anak balita, kesehatan anak prasekolah, usia sekolah, remaja, kesehatan reproduksi, usia lanjut, keluarga berencana, pekerja wanila dan asuhan keperawalan;
  4. mengoordinasikan sektor terkait dan masyarakat profesi untuk pencegahan dan pengendalian program kesehatan masyarakat;
  5. melaksanakan kegiatan promosi kesehatan dan informasi;
  6. melaksanakan bimbingan teknis tenaga kesehatan dibidang kesehatan masyarakat;
  7. melaksanakan kajian perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat tingkat Kota Administrasi;
  8. melaksanakan manajemen data base kesehatan melalui sistem intormasi manajemen kesehatan yang terintegrasi;
  9. melaksanakan pengendalian pelaksanaan program gizi dan PPSM;
  10. menerapkan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG)
  11. menyiapkan bahan laporan Suku Dinas Kesehatan yang terkait dengan tugas Seksi Kesehatan Masyarakat;
  12. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Seksi Kesehatan Masyarakat.

Seksi Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas :

  1. menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA ) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. melaksanakan kegiatan pembinaan, pengawasan dan pengendalian tata laksana pelayanan kesehatan pada sarana kesehatan;
  4. menghimpun, mengolah, menyajikan, memelihara, mengembangkan, memanfaatkan data dan informasi upaya pelayanan kesehatan;
  5. melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengendalian penerapan standar pelayanan kesehatan;
  6. melaksanakan kegiatan pembinaan, pengawasan akreditasi sarana pelayanan kesehatan;
  7. memberikan rekomendasi / perizinan sarana pelayanan kesehatan;
  8. memberikan tanda daftar kepada pengobat tradisional;
  9. melaksanakan siaga 24 jam / Pusat Pengendali Dukungan Kesehatan ( Pusdaldukkes);
  10. melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan standar pelayanan minimal pelayanan kesehatan;
  11. menyiapkan bahan laporan Suku Dinas Kesehatan yang terkait dengan tugas Seksi Pelayanan Kesehatan;
  12. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Seksi Pelayanan Kesehatan.

Seksi Sumber Daya Kesehatan mempunyai tugas :

  1. menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA ) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. melaksanakan pemberian perizinan tenaga dan sarana farmasi, makanan dan minuman;
  4. memberikan rekomendasi / perizinan praktik tenaga kesehatan;
  5. melaksanakan kegiatan bimbingan teknis tenaga kesehatan;
  6. menyusun peta kebutuhan pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan berdasarkan analisa kebutuhan pendidikan dan pelatihan;
  7. melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi tingkat kepatuhan petugas kesehatan terhadap standar pelayanan;
  8. melaksanakan kegiatan audit internal dan audit eksternal penerapan sistem manajemen mutu;
  9. melaksanakan survey kepuasan pelanggan kesehatan;
  10. melaksanakan kegiatan bimbingan, konsultasi dan pendampingan penerapan sistem manajemen mutu kepada Puskesmas;
  11. melaksanakan kegiatan pengembangan mutu melalui forum dan fasilitator;
  12. melaksanakan fasilitasi peningkatan kemampuan tenaga fasilitator, instruktur, assesor dan auditor mutu pelayanan kesehatan;
  13. melaksanakan kegiatan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelayanan sarana pelayanan kefarmasian meliputi industri kecil obat tradisional, sub penyalur alat kesehatan, apotek, toko obat, depo obat dan industri makanan minuman rumah tangga;
  14. melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengendalian harga obat dan persediaan cadangan obat esensial;
  15. melaksanakan pengelolaan persediaan obat dan perbekalan kesehatan pada lingkup Kota Administrasi;
  16. melaksanakan monitoring dan pemetaan Sumber Daya Kesehatan;
  17. menyiapkan bahan laporan Suku Dinas Kesehatan yang terkait dengan tugas Seksi Sumber Daya Kesehatan;
  18. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Seksi Sumber Daya Kesehatan.

Seksi Pengendalian Masalah Kesehatan mempunyai tugas :

  1. menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA ) Suku Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. melaksanakan pengendalian penyakit menular, penyakit tidak menular, kesehatan jiwa masyarakat, surveilans epidemiologi, penanggulangan wabah / Kejadian Luar Biasa ( KLB ) dan kesehatan lingkungan;
  4. melaksanakan kegiatan pembinaan pelaksanaan kesehatan haji;
  5. menyiapkan materi sosialisasi kesehatan tentang pengendalian penyakit menular/tidak menular serta kesehatan jiwa masyarakat;
  6. melaksanakan kegiatan bimbingan, konsultasi dan pendampingan teknis peningkatan kompetensi surveilans epidemiologi, tenaga kesehatan pengendalian penyakit menular dan tidak menular serta kesehatan jiwa masyarakat;
  7. melaksanakan kegiatan koordinasi, kerja sama dan kemitraan pengendalian penyakit menular dan tidak menular serta kesehatan jiwa masyarakat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ), Unit Kerja Perangkat Daerah ( UKPD ) dan/atau instansi pemerintah/swasta/masyarakat;
  8. melaksanakan kegiatan pembinaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan imunisasi;
  9. menghimpun, mengolah, menyajikan, memelihara, mengembangkan dan memanfaatkan data dan informasi surveilans epidemiologi sebagai Sistem Kewaspadaan Dini Kejadian Luar Biasa ( SKD-KLB ) pada lingkup Kota Administrasi;
  10. melaksanakan  kegiatan investigasi penyakit potensial Kejadian Luar Biasa (KLB) dan dugaan wabah serta keracunan makanan;
  11. meningkatkan sistem jaringan informasi wabah / Kejadian Luar Biasa ( KLB ) da surveilans;
  12. melaksanakan kegiatan pengendalian surveilans kematian;
  13. melaksanakan kegiatan monitoring dan pemetaan kegiatan penanggulangan wabah / Kejadian Luar Biasa ( KLB ) dan surveilans;
  14. melaksanakan kegiatan pengendalian pelaksanaan program kesehatan lingkungan meliputi penyehatan air minum / air bersih, penyehatan makanan dan minuman, pengamanan limbah, pengendalian vektor, pengendalian radiasi, penyehatan pemukiman kumuh, penyehatan di tempat-tempat umum, tempat kerja, tempat pengelolaan pestisida termasuk pemberian rekomendasi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ), upaya pengelolaan lingkungan/upaya pemantauan lingkungan;
  15. melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengendalian sarana penunjang kesehatan lingkungan;
  16. menyiapkan materi pelatihan teknis dalam Bidang Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja;
  17. menyiapkan bahan laporan Suku Dinas Kesehatan yang terkait dengan tugas Seksi Pengendalian Masalah Kesehatan;
  18. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Seksi Pengendalian Masalah Kesehatan.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s